Sabtu, 01 Mei 2010

Menjadi Pribadi Menyenangkan

Untuk bisa menjadikan diri sebagai pribadi yang menyenangkan, meski bagaimanapun kita tak bisa menilai diri sendiri karena hala itu tidaklah objektif. Adalah orang lain yang menentukann apakah kita adalah pribadi yang menyenangkan atau malah sebaliknya. Setidaknya bila kita ingin menjadi pribadi yang menyenangkan maka buatlah daftar semua sikap Anda yang baik dan yang buruk terlebih dahulu. Kemudian tentukan apa yang Anda dan orang lain tidak suka dari daftar tsb. Sebelum Anda memutuskan untuk mengubahnya.

Beberapa saran :

* Dengarkan diri Anda dan biarkan orang lain berbicara pada Anda.

* Gunakan rasa keingintahuan alamiah Anda untuk mengembangkan minat pada orang lain. Anda mungkin akan menyukai mereka, dan mereka juga akan menyukai Anda.

* Tataplah mata orang yang berbicara dengan Anda. Jika tidak dapat melakukannya, lihatlah wajahnya.

* Jangan menilai terlalu kecil untuk usaha yang telah dilakukan orang lain, jika perlu berikan penghargaan.

* Jangan membual-kenyataan tentang diri Anda akan menunjukkan diri Anda yang sebenarnya. Bersikaplah sederhana jika Anda menjadi pusat perhatian.

* Penghargaan pada Anda akan datang seiring dengan penghargaan Anda pada orang lain. Asumsikan bahwa selalu ada dua sisi dalam setiap pernyataan.

Dunia anak-anak adalah hal yang menyenangkan, adakalanya kita lelah menjadi orang dewasa dan sekali-kali kadang kita juga bersikap kekanak-kanakan. Hal yang demikian tidaklah salah dan memang perlu. Sikap yang bertanggung jawablah yang membedakan orang dewasa dan anak-anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar